Saturday, October 4, 2014

FINANCIAL FREEDOM



Sering mendengar ungkapan “FINANCIAL FREEDOM”?  Apakah anda benar-benar paham maknanya? Menurut Adam Kooh, Financial Freedom adalah berapa lama anda bertahan hidup dengan gaya hidup yang anda inginkan, jika anda mulai tidak bekerja untuk menghasilkan uang saat ini.
Rumus sederhana yang bisa dipakai untuk menghitung Financial Freedon adalah:

FINANCIAL FREEDOM = (ASSET LANCAR)/ (PENGELUARAN BULANAN- INCOME PASIF) … (bulan)

Contoh, jika si A mempuyai asset yang dapat diuangkan dengan mudah seperti tabungan, deposito, dll (tidak termasuk rumah tempat tinggal) sebesar Rp 100 juta, dan mempunyai pengeluaran bulanan 10jt/bulan untuk gaya hidupnya, dengan passif income 5 juta perbulan, maka:

FINANCIAL FREEDOM (FF)  dari si A = 100 juta / (10 – 5) = 20 bulan.

Seandainya si A, mempunya Income Pasif sebesar 10 juta, maka angka FF menjadi tidak berhingga. Saat itulah si A dapat disebut mencapai Financial Freedom.

Bagaimana Cara untuk Mempercepat Financial Freedom?
Jawabannya adalah :
  1.     Memutuskan Gaya hidup yang diinginkan
  2.   Menentukan strategy investasi untuk menghasilkan Passive Income
Hanya orang yang melakukan investasilah yang dapat mencapai Financial Freedom. Penghasilan Passive dihasilkan oleh asset yaitu:
  •   Real Estate
  • Business
  • Intellectual Assets
Maka setiap orang diminta untuk mulai mengambil langkah dari saat ini membangun assetnya. Dalam hal membangun bisnis dapat dilakukan dengan 2 cara:
  1. Memulai bisnis sendiri
  2. Membeli perusahaan terbaik (melalui pasar modal)
Dalam hal pasar modal (stock market), sesungguhnya adalah merupakan supermarket yang menjual perusahaan-perusahaan. Kita tinggal memilih.

Tunggu apa lagi, segera mulai melangkah, melangkah dengan cerdas, dan go Financial Freedom. Amen