Saturday, December 5, 2015

LATIHAN SYUKUR DAN KEAJAIBAN HARI KE-3: RELASI AJAIB

"No man is an island", ini sebuah pepatah Inggris. Orang Inggris dan sesungguhnya semua orang bijak dari sejak dulu di muka bumi ini telah menyadari bahwa begitu pentingnya kehadiran orang lain. Coba bayangkan jika anda hanya sendirian di planet ini. Apapun yang anda miliki, lagu seindah apapun yang anda lantunkan, tidak akan ada artinya tanpa ada orang lain.
Mungkin anda pernah menonton film orang yang jatuh dari pesawat lalu terdampar di pulau. Selama bertahun-tahun dia tidak ada teman. Lalu dibuatnya sebuah orang-orangan dari tempurung kelapa, setiap hari diajaknya bicara, lalu dia menjadi jatuh cinta dan sangat menyayangi si boneka atau orang-orangan tersebut. Itulah manusia, saling membutuhkan satu sama lain.
Jika anda mempunyai hubungan yang sulit dengan orang lain, apalagi orang itu adalah orang yang dekat dengan anda, mungkin istri anda, anak anda, orang tua anda, saudara anda, atasan atau rekan kerja anda, maka sesungguhnya kebahagiaan anda sedang terganggu dan akan menjadi penghalang bagi karunia-karunia lainnya termasuk rejeki atau keuangan anda, kesehatan anda dan karir anda.
Orang lain yang hadir dalam hidup anda sesungguhnya adalah merupakan jalan atau saluran yang akan memudahkan anda untuk mewujudkan impian-impian anda. Maka relasi yang baik adalah hal paling mendasar yang harus selalu disyukuri.
Begitu pentingnya relasi yang baik dengan orang lain, yang menjadi pembungkus dan wadah dari setiap berkat atau karunia sehingga seperti tercatat dalam Alkitab, Yesus bersabda: Inilah Perintahku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu (Yoh 15:12). Ini adalah perintah, bukan undangan, maka sesungguhnya wajib dan tidak ada pilihan selain melaksanakannya.
Jika anda mengeluhkan orang lain berarti anda tidak bersyukur atas kehadiran orang itu, dan sesungguhnya anda sedang menyakiti diri anda sendiri, karena anda akan merasa tergangu dengan relasi yang tidak positif tersebut. Cara paling mudah untuk mengubah relasi buruk menjadi baik dan menyenangkan adalah dengan mengingat hal-hal baik saja tentang orang lain dan mensyukurinya.

Latihan ajaib hari ini adalah bersyukur atas orang-orang di sekitar anda, apa adanya mereka! Bahkan jika semua relasi anda sudah baik saat ini, maka dengan latihan ini, relasi-relasi itu akan meningkat secara LUAR BIASA. Bersamaan dengan latihan ini relasi anda akan semakin kuat, semakin kaya dan semakin menyenangkan lebih dari apa yang mungkin pernah anda bayangkan.
Sekarang, marilah kita mulai prakteknya dengan memilih tiga relasi terdekat anda untuk disyukuri. Mungkin anda memilih istri, suami, putra, ayah, atau pacar, mitra bisnis, dan saudari anda. Mungkin juga anda memilih sahabat, nenek, kakek, dan paman. Anda bisa memilih apapun relasi yang penting bagi anda asal anda memiliki foto-foto mereka. Foto ini bisa berupa foto orang itu saja atau foto anda berdua dengannya.
Setelah anda memilih tiga relasi, dan foto-fotonya, anda siap untuk memulai keajaiban. Duduklah bersantai dan pikirkan hal-hal yang paling anda syukuri dari setiap orang itu satu persatu. Mungkin anda suka akan senyumnya, kesabarannya, kerajinannya, perhatiannya, pertolongan yang pernah diperikannya, sikapnya yang selalu periang dan menyengankan hai dan lain sebagainya.
Setelah meluangkan waktu untuk memikirkan kebaikan mereka, tempatkanlah foto mereka di depan anda dan dengan pena dan kertas atau di journal komputer atau gadget anda pilih dan tuliskan 5 hal yang paling anda syukuri dari orang tersebut. Pandangi foto orang itu ketika anda membuat daftar 5 hal, awali setiap kalimat dengan kata ajaib, TERIMA KASIH, lau sebut nama orang itu, kemudian tulis apa yang anda syukuri darinya.

Terima kasih.....NAMA....atas.....APA...

Milsalnya adan bisa tuliskan seperti ini,
"Terima kasih, Maria, karena selalu membuatku tertawa" atau
"Terima kasih, Ibu, atas dukungan Ibu selama aku kuliah"

Ketika anda selesai menuliskan daftar 5 hal untuk ketiga orang itu, lanjutkan latihan ajaib ini dengan membawa foto-foto itu pada hari ini dan menempatkannya di tempat yang sering anda lihat. Mungkin di background gadget anda atau di tempat lain yang akan sering ada lihat. Dan manakala anda melihat foto itu pada hari ini, berterima kasihlah kepada orang itu dengan mengucapkan kata ajaib TERIMA KASIH, dan diikuti oleh nama orang itu:

Terima kasih, Maria

Sekarang anda mengetahui cara menggunakan daya ajaib syukur untuk megubah relasi anda menjadi RELASI AJAIB. Jika anda mau anda bisa melakukan latihan ini setiap hari atau beberapa hari sekali terhadap  semua orang di sekitar anda khususnya relasi yang penting bagi anda.



RINGKASAN-LATIHAN AJAIB NOMOR 3:
1. Ulangi langkah satu sampai tiga dari Latihan Ajaib NOMOR 1-Menghitung Karunia: Buat daftar dari sepuluh karunia. Tulis mengapa anda bersyukur. Baca kembali daftar anda, di akhir setiap karunia, ucapkan TERIMA KASIH, TERIMA KASIH, TERIMA KASIH, dan rasakan syukur sedalam mungkin atas karunia itu.
2. Pilih TIGA dari relasi terdekat anda dan kumpulkan foto dari masing-masing mereka, bisa foto sendiri atau berdua dengan anda
3. Pikirkan hal-hal terbaik dari setiap orang tersebut yang pernah anda alami
4. Dengan foto di hadapan anda, tulis lima hal yang  yang paling anda syukuri dari setiap orang di dalam buku harian, journal komputer atau gadget anda.
5. Mulailah setiap kalimat dengan kata-kata ajaib TERIMA KASIH, lanjutkan dengan nama orang itu, dan apa yang secara khusus anda syukuri darinya
6. Bawalah foto-foto itu bersama anda, atau tempatkan di tempat yang sering terlihat oleh anda, mungkin di background atau wall paper gadget anda. Pandangi foto-foto itu paling sedikit tiga kali dalam sehari itu, bicaralah kepada WAJAH orang di dalam foto, dan berterima kasih kepadanya dengan mengucapkan kata ajaib, TERIMA KASIH, lalu sebut namanya. Misalnya, TERIMA KASIH Maria.
7. Sebelum tidur malam ini, genggam BATU AJAIB di salah satu tangan, dan ucapkan kata ajaib TERIMA KASIH, atas hal terbaik yang terjadi hari ini.