Monday, January 15, 2024

SIKLUS CIRCASSIAN PENCERNAAN

 Selamat pagi dan Salam Bahagia ❤️,

_Info kesehatan:_

Siklus circassian pencernaan adalah ritme biologis yang mengatur proses pencernaan makanan dalam tubuh manusia selama 24 jam. Siklus ini terbagi menjadi tiga fase, yaitu:

- Fase pencernaan, terjadi antara pukul 12 siang hingga 8 malam. Pada fase ini, saluran pencernaan bekerja lebih aktif untuk mengolah makanan padat yang dikonsumsi. Makanan akan dicerna secara mekanik dan kimiawi di mulut, lambung, dan usus halus.

- Fase penyerapan, terjadi antara pukul 8 malam hingga 4 pagi. Pada fase ini, tubuh menyerap, mengasimilasi, dan mengedarkan zat gizi yang berasal dari makanan. Fase ini membutuhkan istirahat yang cukup agar berjalan optimal.

- Fase pembuangan, terjadi antara pukul 4 pagi hingga 12 siang. Pada fase ini, tubuh membuang sisa-sisa makanan dan metabolisme yang tidak dibutuhkan. Fase ini memerlukan banyak energi dan sebaiknya tidak diganggu oleh makanan berat dan padat.

Siklus circassian pencernaan penting untuk dipahami dan diikuti agar keseimbangan metabolisme tubuh terjaga. Jika salah satu fase terganggu, maka bisa menyebabkan gangguan pencernaan, penumpukan racun, atau penyakit lainnya²³. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengatur pola makan dan tidur sesuai dengan siklus ini. 😊

Semangat Antusias Optimis (SAO)! Miora Tangguh Maju Terus 🙏😍 

#MDE #5898M @tmtmiora