Thursday, November 13, 2014

BRANDING adalah MENCIPTAKAN NAMA YANG HARUM

Halo semuanya,
Apakah itu Branding? Banyak orang yang mensalah-artikan bahwa branding adalah "pencintraan". Kata PENCITRAAN, seringkali mengandung makna negatif bahwa apa yang dicitrakan tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya. Pengertian branding yang demikian adalah menyesatkan karena adanya keterkaitan negatif antara Pencitraan dengan keadaan yang sebenarnya.
BRANDING sesungguhnya adalah upaya untuk mengelola BRAND (MEREK) secara strategis, sehingga tercipta NAMA YANG HARUM (bukan sekedar nama baik) yang dicintai oleh banyak orang. Inilah pengertian branding yang sebenarnya (bukan definisi).
Upaya branding dapat dilakukan terhadap apapun, baik orang, tempat, produk fisik, produk jasa, negara, dan lain sebagainya. Branding yang sungguh-sungguh dilakukan dengan strategis membutuhkan PROSES dan WAKTU. Proses untuk menciptakan nilai-nilai positif yang ada dalam Subjek yang dibrandingkan, dan WAKTU untuk menanamkan nilai-nilai positif tersebut dalam subjek yang dibrandingkan dan dalam benak para audiencenya.
Oleh karena itu, branding memiliki 3 elemen yang sangat penting yaitu:
  • 1. Subjek yang dibrandingkan
  • 2. Upaya untuk megenlola brand (branding effort)
  • 3. Audiens yang menjadi sasaran atau target dari pada branding.
TUJUAN BRANDING adalah menciptakan NAMA YANG HARUM sehingga DICINTAI para AUDIENCE dan juga oleh PEMILIK/PELAKU Branding. Nama yang harum inilah yang akan memiliki nilai yang disebut dengan KEKAYAAN MEREK atau istilah kerennya BRAND EQUITY. Brand Equity ini mempunyai nilai UANG yang bisa berjumlah sangat besar, bahkan bisa melebihi nilai Ekuitas Fisiknya.
Google, Facebook, Coca Cola, Sampoerna adalah contoh-contoh perusahaan yang nilai brand-nya (BRAND EQUITY) telah melebihi nilai Ekuitas fisiknya.
Ada elemen-elemen strategis dari sebuah BRAND yang harus dikelola secara sungguh-sungguh, penuh kesabaran, konsistensi, untuk membangun BRAND EQUITY yang positif, dan pada akhirnya mempunyai daya tarik yang sangat besar, sehingga nilainya sangat tinggi dan bahkan dapat berarti nilainya secara CASH.
Menarik bukan?


ONLINE BRANDING
Mengapa online? Karena saat ini sudah lebih dari sepertiga manusia di dunia yang sudah terhubung dengan internet. Maka upaya online branding dapat menjadi salah satu upaya strategis. Namun upaya secara dunia nyatanya adalah sama pentingnya. Karena harus terintegrasi, antara apa yang disampaikan online dengan keadaan yang sebenarnya. Brand Evaluation setiap saat terjadi di benak para audiens. Topik menarik ini akan kita diskussikan lebih jauh lagi.

Jika sobat ingin mendapatkan informasi lebih lengkap dan yahud mengenai branding, sharing dan diskusi Branding ada di http://onlinebranding123.blogspot.com atau klik disini.